Pahami dan Rencanakan Kesehatan Reproduksi Dengan Nyaman

1 tahun yang lalu alfin

Semakin banyak tahu ragam jenis kontrasepsi, semakin banyak tahu pilihan sesuai dengan yang dibutuhan. Semakin banyak tahu kelemahan dan kelebihannya, semakin tenang dan nyaman menggunakannya karena terhindar dari rumor, mitos, dan ketakutan.

 

Ada 8 metode kontrasepsi yang tersedia yaitu Implan (2 batang/1 batang), IUD (tembaga/LNG), Suntik (progestin/kombinasi), Pil (progestin/kombinasi), Kondom, Metode Operatif Pria (MOP), Metode Operatif Wanita (MOW) dan Metode Amenorhea Laktasi (MAL).

 

Keunggulan 8 metode kontrasepsi :

 

1.     Keunggulan Implan dan IUD sangat efektif dan tidak mengganggu ASI.

2.     Keunggulan Suntik dan Pil yang mengandung hormon progestin adalah tidak mengganggu ASI.

3.     Keunggulan suntik dan pil yang mengandung kombinasi hormon adalah lebih  efektif.

4.     Keunggulan Metode Operatif Wanita (MOW) adalah lebih efektif. Menyusui efektif sebagai metode kontrasepsi jika Ibu belum menstruasi kembali setelah melahirkan; bayi harus disusui ASI eksklusif/mendekati ASI penuh (vitamin, air, jus, nutrisi lain sebagai tambahan ASI) & sering disusui, siang & malam; bayi berusia kurang dari 6 bulan.

5.     Keunggulan Kondom adalah meningkatkan kesertaan pria dalam ber-KB.

6.     Keunggulan Metode Operatif Pria atau Vasektomi adalah lebih efektif.

7.     Semua metode kontrasepsi memiliki efektifitas tinggi sesuai dengan kategori metode jangka pendek ataupun jangka panjang. Berdasarkan roda klop jika dipakai secara biasa maka implant, MOP, MOW dan IUD sangat efektif.

 

Cara menentukan alat kontrasepsi yang sesuai bagi seseorang melalui Konseling oleh tenaga kesehatan terlatih dengan bantuan tools berupa ABPK dan roda KLOP, setelah memahami penjelasan konseling pasangan usia subur diberikan hak untuk memilih dan menentukan metode kontrasepsinya sendiri.